Sambutan Kepala SMK Negeri 1 Belinyu




MENJADI ALUMNI SMKN 1 BELINYU YANG CERDAS, KREATIF, INOVATIF DAN TANGGUH MENGHADAPI ERA 4.0

Oleh: Suparyanto, S.Pd.M.A.P

 

Disampaikan pada Kelulusan Peserta Didik dan Penugasan Baru PTK

SMK Negeri 1 Belinyu Tahun Akademik 2021/2022


Puji syukur kepada Allah Swt. Yang telah melimpahkan nikmat, rahmat, taufiq, hidayah, serta inayah kepada kita sehingga sampai detik ini kita masih bisa beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Salah satu nikmat yang patut kita syukuri pada kesempatan sekarang ini kita masih dizinkan bertemu secara langsung untuk kegiatan penyerahan Hasil Ujian Satuan Pendidikan.

Tidak seperti dua tahun lalu bahwa pertemuan dalam kegiatan pendidikan dan pengajaran di sekolah lebih banyak melalui dunia maya dalam jaringan (daring). Kondisi yang demikian sering menjadi polemik baik peserta didik, orang tua, guru, maupun masyarakat karena ada dimensi pendidikan dan pengajaran yang belum sepenuhnya terlayani melalui pembelajaran dunia maya dalam jaringan (daring) yang populer dikenal dengan belajar dari rumah (BDR). Salah satu faktor kesenjangan fenomena tersebut karena keterbatasan waktu, kesiapan SDM, infrastruktur pendukung, motivasi belajar baik intrinsik maupun ekstrinsik, dll.

Para orang tua peserta didik yang kami hormati.

Atas nama Sekolah, selaku penyelenggara layanan pendidikan, seluruh Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMK Negeri 1 Belinyu mengucapkan terima kasih, atas amanah yang diberikan kepada SMK Negeri 1 Belinyu oleh Bapak/Ibu Wali Siswa Kelas XII untuk mendidik putra/putri Bapak/Ibu selama tiga tahun belajar di SMK Negeri 1 Belinyu. Oleh karena itu, Kami mohon maaf dengan tulus ikhlas bila dalam pelayanan kami belum optimal karena keterbatasan kami selaku manusia biasa. Selanjutnya, pada kesempatan ini, putra/putri Bapak ibu secara resmi kami serahkan kembali kepada Bapak/Ibu untuk bisa kembali belajar mengarungi bahtera kehidupan pascasekolah formal selepasnya dari SMKN 1 Belinyu.

 

Para alumni yang kami banggakan.

Pascakelulusan ini, para alumni SMKN 1 Belinyu dituntut benar-benar mandiri untuk berjuang, berkarya menjadi SDM tangguh sesuai moto SMK BISA SMK HEBAT SMK BISA HEBAT. Perjuangan ini untuk mengisi kehidupan, mempertahankan kehidupan, serta memerdekakan kehidupan menuju kehidupan yang layak sebagaimana diamanatkan dalam pembukaan UUD 1945 “mencerdaskan kehidupan bangsa” sehingga kehidupan masyarakat adil dan makmur dapat terwujud. Untuk itu, para alumni SMKN 1 Belinyu, jadilah orang yang bermanfaat bagi diri sendiri, orang tua, kakak dan adik, saudara, tetangga, masyarakat dari yang dekat dengan kita, maupun yang berada jauh dari kita.

Para alumni SMK Negeri 1 Belinyu yang berbahagia.

Status Anda sebagai pelajar segera berakhir. Ketika Anda masih berstatus pelajar di SMK Negeri 1 Belinyu, sejak pukul 07.00 sampai 16.00 dalam segala hal masih dalam pantauan, bimbingan, dan arahan para pendidik dan tenaga kependidikan. Sepulang sekolah, pantauan, bimbingan, dan arahan digantikan oleh kedua orang tua Anda. Akan tetapi, sejak Anda dinyatakan lulus dari SMK Negeri 1 Belinyu, Anda dituntut mampu berdiri di atas kaki sendiri (berdikari) mengendalikan biduk menyeberangi lautan kehidupan yang maha dalam, ombak dan gelombang yang dahsyat, menuju pulau cita-cita yang mulia. Oleh karena itu, Anda dituntut benar-benar cerdas berpikir, kreatif, inovatif, dan tangguh untuk menuju pulau citi-cita yang indah. Di situlah diperlukan pribadi yang ulet, tabah, sabar, pantang menyerah, serta tetap berpegang teguh pada nilai-nilai ketuhanan dalam rangka memerankan diri sebagai makhluk sosial yang berkemanusiaan yang adil dan beradab. Sebagai makhluk individu sekaligus makhluk sosial, Anda diharpkan mampu menjaga persatuan baik dalam kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa dan bernegara.

Para alumni yang kami banggakan.

Revolusi industri 4.0 atau yang biasa dikenal dengan istilah “cyber physical system” merupakan sebuah fenomena terjadinya kolaborasi antara teknologi siber dengan teknologi otomatisasi. Dengan adanya revolusi ini membawa banyaknya perubahan di berbagai sektor. Terkait hal tersebut, kami yakin bahwa Anda mampu menyikapi perubahan yang serba digital dengan memanfaatkan kemajuan digital tersebut untuk mengembangkan diri. Selain itu, Anda mampu menggunakan teknologi digital untuk hal-hal yang bermanfaat (positif) seperti mencari pengetahuan (informasi), marketing produk, dan lain sebagainya.

Akhirnya, kami ucapkan selamat kepada Anda atas keberhasilan dan prestasi selama belajar di SMK Negeri 1 Belinyu sehingga hari ini Anda berhak menyandang Purna Siswa SMK Negeri 1 Belinyu Angkatan IX Tahun Akademik 2021/2022.  

Khusus kepada Bapak Drs. Raswin, M.Pd.; Ibu Nelly Apriana, S.E.; Bapak Ilyas, S.Ag.; Bapak Syahril, S.P.; dan Bapak Firdiyansyah, S.E.; selamat bertugas di tempat tugas yang baru. Terima kasih atas dedikasi dan loyalitas, jasa dan pengabdian yang tulus selama bertugas di SMK Negeri 1 Belinyu. Semoga Allah SWT selalu meridhoi setiap langkah perjuangan Bapak dan Ibu semua.  

Ada pertemuan, ada kebersamaan, tiba saat kita berpisah, pisah hanya di lahirnya, di hati kita tetaplah satu, karena perjuangan kita padu. Mohon maaf atas segala kesalahan tutur kata, dan tingkah laku yang kurang berkenan di hati Bapak Ibu semua.

 

Wassalamualaikum WR.Wb.

 

Belinyu, 3 Juni 2022

Kepala Sekolah

 

 

Suparyanto, S.Pd.,M.A.P.

NIP.197104182005011004  

Tag : Sambutan
Back To Top