PRAKTEK KERJA LAPANGAN 2021/2022

 


Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah kegiatan wajib bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang merupakan penerapan secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung di Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu. Berdasarkan Kurikulum 2013 revisi pelaksanaan PKL selama 120 hari / 24 minggu / 6 Bulan.

MAKSUD dan TUJUAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)

Pada kegiatan pembelajaran di SMK N 1 Belinyu siswa tidak hanya dituntut memiliki pengetahuan (kognitif) namun juga keterampilan. SMK N 1 Belinyu sudah melakukan  kerjasama dengan beberapa perusahaan yang sudah ada di Kecamatan Belinyu seperti PT TIMAH Tbk, PT PUNCAK LESTARI , PT. Gunung Pelawan Lestari dan kantor – kantor yang ada di Kecamatan Belinyu . Siswa yang mengikuti Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) adalah seluruh siswa kelas XI yang di tempatkan sesuai dengan jurusan siswa masing-masing.

Diharapkan SMK N 1 Belinyu mempunyai lulusan yang memiliki pengetahuan yang mumpuni namun sekaligus calon tenaga kerja yang terampil dan memiliki tingkat kompetensi yang diharapkan. Untuk itu siswa harus diberikan kesempatan pengalaman yang dilaksanakan di Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja dalam bentuk praktek kerja lapangan. Selama PKL ini siswa memperoleh banyak hal yang tidak didapatkan selama proses belajar di sekolah. Disamping itu siswa akan mampu mendapatkan pengalaman nyata bagaimana kondisi dunia kerja sesungguhnya, sehingga suatu saat siswa memasuki dunia kerja akan lebih muda untuk beradaptasi.

Adapun tujuan diadakan pelaksanakan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) antara lain :

  • -          Untuk memperkenalkan siswa pada dunia usaha,
  • -         Menumbuhkan & meningkatkan sikap profesional yang diperlukan siswa untuk memasuki dunia   kerja
  • -     Meningkatkan daya kreasi dan produktifitas tehadap siswa sebagai persiapan dalam menghadapi atau memasuki dunia kerja yang sesungguhnya
  • -     Meluaskan wawasan dan pandangan siswa terhadap jenis-jenis pekerjaan pada tempat dimana siswa melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL).


Back To Top