IHT (IN HOUSE TRAINING)

 IHT (IN HOUSE TRAINING)

"PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS INDUSTRI, DUNIA USAHA DAN DUNIA KERJA (IDUKA)"



IN HOUSE TRAINING ( IHT ) adalah workshop atau pelatihan utuk tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam rangka meningkatkan kompetensi pendidik dalam melakukan kegiatan belajar.

SMK  Negeri 1 Belinyu  mengadakan kegiatan In House Training ( IHT ) selama 3 (tiga ) hari yang bertujuan untuk meningkatkan mutu Pendidikan dan kurikulum Sekolah yang dapat disesuaikan dengan dunia industri yang ada diKecamatan Belinyu agar pendidik dapat mengimbas kepada  peserta didik. Dengan harapansetelah menyelesaikan sekolahnyapeserta didik bisa langsung beradaptasi dengan dunia kerja. In House Training tersebut diadakan dari  Tanggal 10 sampai 12 Februari 2021 dari jam 08.00 – 15.00 wib di Ruang Aula SMK Negeri 1 Belinyu.

IHT tentang Pengembangan Kurikulum Berbasis Industri, dunia usaha dan dunia Kerja (IDUKA) di awali sambutan oleh Bapak Drs. Raswin, M.Pd selaku Kepala Sekolah dan dalam sambutannyaKepala Sekolah memberi motivasi kepada guru - guru peserta IHT  agar tetap semangat dan antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan dan materi dalam IHT ini. Kegiatan ini dibuka secara resmi  oleh Bapak Hendry, S. AP selaku Kacabdin Wilayah 1 ( Pangkalpinang dan Bangka) yang mana sebelumnya beliau berpesan untuk sekolah membina dan menjalin kerjasama dengan IDUKA yang ada di Kecamatan Belinyu.

Dihari pertama kegiatan menghadirkan narasumber Dari PT Puncak Jaya Lestari Yaitu Bapak Bambang Darmantoyang merupakan Manager sekaligus penanggung jawab Swalayan Puncak Belinyu. Materi yang diberikan berkaitan dengan Etika dan Cara Bersaing didunia kerja dan cara melakukan cara negosiasi dengan pelanggan.

Materi IHT hari kedua Kamis, narasumber dari PT. Gunung Pelawan Lestari ( GPL ) diwakili  oleh Bapak Hamdianas Selaku Senior  Manager. Materi yang disampaikan  tentang  Persiapan Kompetensi Dunia Kerja. Menurutnya hal yang paling penting dalam dunia kerja adalah attitude/ kepribadian yang baik serta harus memiliki sifat jujur dan melayani. 

Dan di hari terakhir dari PT TIMAH UPLB Belinyu diwakili oleh Bapak Ikmal Syarif selaku Manager Staf ADM Dan Personaliamenyampaikan materi tentang Kompetensi Teknis Dan Kompetensi Perilaku didalam dunia kerja dan kedisiplinan pegawai.

Kegiatan In House Training seperti ini akan sering diselenggarakan terutama untuk guru - guru di sekolah. Dari kegiatan seperti ini, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru dan juga dapat mengimbas kepada seluruh peserta didik yang mana dapat pula mencetak generasi emas bangsa Indonesia terutama bagi siswa – siswi SMK Negeri 1 Belinyu agar bisa berdaya saing dengan peserta didik dari sekolah lain.


Tag : Galery
Back To Top