DPD RI sosialisasi di SMK Negeri 1 Belinyu


Sosialisasi DPD RI dengan tema “Peran dan Fungsi DPD RI sebagai Perwakilan Daerah di Pusat dan Daerah".



SMK Negeri 1 Belinyu kedatangan tamu anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dapil Bangka Belitung, yaitu Bapak Ust.H. Zuhri M. Syazali, LC. MA. dalam rangka silaturahmi dan sosialisasi DPD RI dengan tema “Peran dan Fungsi DPD RI sebagai Perwakilan Daerah di Pusat dan Daerah".

Rabu tanggal 12 Oktober 2022 Bapak Ust.H. Zuhri M. Syazali, LC. MA datang beserta rombongan dan disambut oleh Kepala SMK Negeri 1 Belinyu Bapak Suparyanto, S.Pd., M.A.P. didampingi oleh Wakil kepala sekolah dan para guru dengan persembahan tari sambut oleh siswi – siswi yang tergabung dalam ekstrakurikuler Seni tari.

Acara sosialisasi dimulai pada pukul 09:00 WIB bertempat di aula SMK Negeri 1 Belinyu. Peserta sosialisasi terdiri dari seluruh siswa kelas XII dari 3 ( tiga ) kompetensi keahlian yang berjumlah 153 siswa, dan beberapa guru yang turut mendampingi siswa selama acara yaitu wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, pembina osis serta guru bimbingan dan konseling.

Dihadapan peserta sosialisasi Bapak Ust. H. Zuhri M. Syazali, LC. MA. menjelaskan kepada siswa tentang Peran dan Fungsi DPD RI. Beliau memberikan pemaparan makna tentang alinea keempat dari Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang merupakan inti dari pembukaan UUD 1945 karena memuat segala aspek penyelenggaraan negara pemerintahan yang berdasarkan Pancasila. Dan beliau juga memberikan pemahaman bahwa DPD adalah perwakilan setiap provinsi dimana jumlahnya kurang dari 1/3 jumlah DPR di suatu daerah. Kemudian DPD bersama DPR akan membahas RUU yang sesuai lalu mensahkannya bersama DPR atau presiden. 

Seluruh peserta mengikuti sosialisasi dengan semangat dan antusias. Sosialisasi disampaikan dengan gaya komunikatif disertai tanya jawab. Setiap pertanyaan yang diajukan dapat  dijawab dengan baik oleh peserta . Bagi siswa yang dapat menjawab dengan benar dan cepat maka oleh  Bapak Ust.H. Zuhri M. Syazali, LC. MA. diberikan hadiah kepada peserta. Selain itu, seluruh peserta yang mengikuti sosialisasi mendapatkan sertifikat.

Sebelum mengakhiri dan pulang untuk melanjutkan aktivitas  Bapak Ust.H. Zuhri M. Syazali, LC. MA. beserta rombongan menyempatkan foto bersama dengan kepala sekolah dan siswa. Beliau mengucapkan terimakasih atas kerjasama dan waktu yang telah diberikan. Dan beliau juga berharap dapat kembali berkunjung ke SMK Negeri 1 Belinyu di kesempatan yang lain.

 

Sumber : Humas SMKN 1 Belinyu 










Back To Top